Rabu, 15 November 2017

TUJUAN DAN FUNGSI PR




Apa Saja Tujuan dan Fungsi Public Relation ?



Oke teman-teman, masih ingat pengertian PR kan ? Nah, disini tidak lagi membahas mengenai pengertian PR, tapi disini akan membahas mengenai tujuan dan apa saja fungsi dari PR itu 😊 Langsung saja yuk !
 
Tujuan Public Relation PR

Tujuan dari public relations adalah mewujudkan hubungan yang harmonis atau menciptakan opini public yang favorable baik internal maupun eksternal. Public Relations secara umum yaitu bertujuan untuk menciptakan dan memelihara saling pengertian, maksudnya adalah untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa dimengerti oleh pihak lain yang berkepentingan. Dengan adanya kata ‘saling’ maka organisasi pun harus dapat memahami publiknya.

Selain itu tujuan PR juga untuk mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill) publiknya, serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan atau untuk menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan publik (Soemirat dan ardianto,2002:89).
Tidak hanya itu teman-teman, Public Relation (PR) ini juga memiliki tujuan lainnya seperti:
1.  Terpelihara dan terbentuknya saling pengertian. Saling pengertian ini dimulai dari saling mengetahui atau mengenal tujuan PR pada akhirnya adalah membuat public dan organisasi/lembaga mengenal. Baik mengenai kebutuhan, kepentingan, harapan, maupun budaya masing-masing.
2. Menjaga dan membentuk saling percaya, untuk mencapai tujuan saling percaya ini, prinsip-prinsip komunikasi persuasive dapat diterapkan. Sikap saling percaya keberadaannya masih bersifat laten,yakni ada pada keyakinan seseorang akan kebiasaan/ketulusan orang lain (organisasi/lembaga) dan juga pada keyakinan organisasi akan kebaikan /ketulusan publiknya.
3.  Memelihara dan menciptakan kerja sama, ini sangat penting teman-teman, bantuan dan kerja sama ini sudah dalam bentuk perilaku atau termanifestasikan dalam bentuk tindakan tertentu.

Berbicara mengenai tujuannya Public Relation (PR) juga memiliki fungsi ya, yuk baca dibawah ini :
Menurut Maria (2002, p.31), “public relation merupakan satu bagian dari satu nafas yang sama dalam organisasi tersebut, dan harus memberi identitas organisasinya dengan tepat dan benar serta mampu mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan mempunyai pengertian yang jelas dan benar terhadap organisasi tersebut”. Hal ini sekedar memberikan gambaran tentang fungsi public relation yaitu:
1.     Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya
2.     Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3.   Unsur penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4.   Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

      Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
a.    Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b.   Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c.    Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d.   Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e.    Mendukung bauran pemasaran.

Nah, dari pemaparan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa public relation memiliki tujuan untuk menciptakan adanya saling pengertian, sehingga kebutuhan dan kepentingan masing-masing organisasi maupun lembaga dapat berjalan sesuai harapan, selain itu PR dapat membentuk saling percaya antara organisasi/lembaga satu dan yang lainnya. PR ini lebih berorientasi kepada pihak perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan, dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari konsumen. Tetapi jika fungsi public relation yang dilaksanakan dengan baik benar-benar merupakan alat yang ampuh untuk memperbaiki, mengembangkan peraturan, budaya organisasi, atau perusahaan, dan suasana kerja yang kondusif, serta peka terhadap karyawan, maka diperlukan pendekatan khusus dan motivasi dalam meningkatkan kinerjanya. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa fungsi public relation adalah memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah.

SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar