Apa
Saja Tujuan dan Fungsi Public Relation ?
Oke teman-teman, masih ingat pengertian PR kan ? Nah,
disini tidak lagi membahas mengenai pengertian PR, tapi disini akan membahas
mengenai tujuan dan apa saja fungsi dari PR itu 😊 Langsung saja
yuk !
Tujuan Public Relation
PR
Tujuan dari public
relations adalah mewujudkan hubungan yang harmonis atau menciptakan opini
public yang favorable baik internal maupun eksternal. Public Relations secara
umum yaitu bertujuan untuk menciptakan dan memelihara saling pengertian,
maksudnya adalah untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa
dimengerti oleh pihak lain yang berkepentingan. Dengan adanya kata ‘saling’
maka organisasi pun harus dapat memahami publiknya.
Selain itu tujuan PR
juga untuk mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill)
publiknya, serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan atau untuk
menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan publik
(Soemirat dan ardianto,2002:89).
Tidak hanya itu
teman-teman, Public Relation (PR) ini juga memiliki tujuan lainnya seperti:
1. Terpelihara dan
terbentuknya saling pengertian. Saling pengertian ini dimulai dari saling
mengetahui atau mengenal tujuan PR pada akhirnya adalah membuat public dan
organisasi/lembaga mengenal. Baik mengenai kebutuhan, kepentingan, harapan,
maupun budaya masing-masing.
2. Menjaga dan
membentuk saling percaya, untuk mencapai tujuan saling percaya ini,
prinsip-prinsip komunikasi persuasive dapat diterapkan. Sikap saling percaya
keberadaannya masih bersifat laten,yakni ada pada keyakinan seseorang akan
kebiasaan/ketulusan orang lain (organisasi/lembaga) dan juga pada keyakinan
organisasi akan kebaikan /ketulusan publiknya.
3. Memelihara dan
menciptakan kerja sama, ini sangat penting teman-teman, bantuan dan kerja sama
ini sudah dalam bentuk perilaku atau termanifestasikan dalam bentuk tindakan
tertentu.
Berbicara mengenai
tujuannya Public Relation (PR) juga memiliki fungsi ya, yuk baca dibawah ini :
Menurut Maria (2002,
p.31), “public relation merupakan satu bagian dari satu nafas yang sama dalam
organisasi tersebut, dan harus memberi identitas organisasinya dengan tepat dan
benar serta mampu mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan
mempunyai pengertian yang jelas dan benar terhadap organisasi tersebut”. Hal
ini sekedar memberikan gambaran tentang fungsi public relation yaitu:
1. Kegiatan yang
bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan
citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya
2. Memiliki sasaran
untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua
pihak.
3. Unsur penting dalam
manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi
merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana
organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan
menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4. Usaha menciptakan
hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya,
sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai
input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Rosady Ruslan
(2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
a.
Menumbuhkembangkan citra
perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b.
Mendorong
tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c.
Mengembangkan
sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d.
Efektif dalam membangun
pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e.
Mendukung bauran
pemasaran.
Nah, dari pemaparan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa
public relation memiliki tujuan untuk menciptakan adanya saling pengertian,
sehingga kebutuhan dan kepentingan masing-masing organisasi maupun lembaga
dapat berjalan sesuai harapan, selain itu PR dapat membentuk saling percaya
antara organisasi/lembaga satu dan yang lainnya. PR ini lebih berorientasi
kepada pihak perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan, dan hasil
yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari
konsumen. Tetapi jika fungsi public relation yang dilaksanakan dengan baik
benar-benar merupakan alat yang ampuh untuk memperbaiki, mengembangkan
peraturan, budaya organisasi, atau perusahaan, dan suasana kerja yang kondusif,
serta peka terhadap karyawan, maka diperlukan pendekatan khusus dan motivasi
dalam meningkatkan kinerjanya. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa fungsi
public relation adalah memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya
komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang
muncul, atau meminimalkan munculnya masalah.
SEMOGA BERMANFAAT :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar