Rabu, 22 November 2017

PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PR




Hello teman-teman, ketemu lagi ni 😊
Ini artikel kelima yang aku tulis, semoga masih  menarik nih buat dibaca.
Langsung saja yuk, artikel kali ini membahas mengenai Penetapan Target dan Strategi Public Relation.
Sebelum masuk kepada strategi-strategi PR, kita pahami dulu ya mengenai pengertian strategi itu sendiri.

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Dalam kegiatan apapun diperlukan strategi untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk kedepannya. Begitu pula dengan public relation yang sudah pasti membutuhkan sebuah strategi untuk melakukan sebuah komunikasi kepada masyarakat umum. Strategi sering disebut juga rencana strategis atau rencana jangka panjang suatu perusahaan atau organisasi. Suatu rencana ini akan menetapkan garis besar tindakan strategis yang akan di ambil dalam kurun waktu tertentu kedepan. 

Nah strategi ini berkaitan dengan perencanaan PR, oleh karena itu disini akan memaparkan beberapa alasan penting perlunya perencanaan PR:
1.Untuk menetapkan target-target operasi PR yang nantinya akan menjadi tolok ukur atas segenap hasil yang diperoleh.
2.Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan.
3.Untuk menyusun skala prioritas guna menentukan jumlah program dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program PR yang telah diprioritaskan itu.
4.Untuk menentukan kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan ketersediaan staf pendukung atau personil yang mencukupi, dukungan dari berbagai peralatan fisik seperti alat-alat kaantor, mesin cetak, kamera, kendaraan, dan sebagainya, serta anggaran dana yang tersedia.

Adapun strategi dari public relations menurut Pearce dan Robinson dalam Soleh Semirat dan Elvinaro Ardianto (2002: 9) adalah sebagai berikut:
Pertama, menentukan misi perusahaan. Termasuk di dalamnya adalah pernyataan yang umum mengenai maksud, filosofi dan sasaran.
Kedua, mengembangakan company profile yang mencerminkan kondisi intern perusahaan dan kemampuan yang dimilikinya.
Ketiga, penilaian terhadap lingkungan ekstern perusahaan/organisasi, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum.
Keempat, analisis terhadap peluang yang tersedia dari lingkungan.
Kelima, identifikasi atas pilihan yang dikehendaki yang tidak dapat digenapi untuk memenuhi tuntunan misi perusahaan.
Keenam, pemilihan strategis atas objective jangka panjang dan garis besar strategi yang dibutuhkan untuk mencapai objective tersebut.
Ketujuh, mengembangkan objective tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dan objective jangka panjang dan garis besar strategi.
Kedelapan, implementasi atas hasil hal-hal diatas dnegan menggunakan sumber tertentu yang tercantum dalam budget dan mengawinkan sumber daya manusia, sturktur, teknologi dan sistem balas jasa yang memungkinkan

Kemudian mengenai penentuan target PR
Public Relations itu sendiri profesional dalam pengelolaan sasaran/target yang hendak dicapainya melakukan pengadopsian teknik-teknik Management of Objective (MBO) dan Management by Objective of Result (MOR) untuk membantu kualitas nilai public relations dalam suatu organisasi. MBO dapat memberikan profesional Public Relations dengan sumber umpan yang sangat kuat. MBO dan MOR berhubungan dengan hasil-hasil Public Relation untuk penentuan target awal manajemen. Adapun poin-poin dalam MBO menurut Sholeh Soemirat dan Elvinaro Ardianto (2003: 98) adalah sebagai berikut:
1.Spesifikasi tujuan-tujuan organisasi
2.Konferensi antara superior dan subordinate (bawahan) untuk menyepakati terhadap pencapaian tujuan.
3.Kesepakatan anatara atasan dan bawahan pada target yang konsistem dnegan tujuan-tujuan organisasi.
4.Pengkajian secara periodik oleh atasan dan bawahan untuk menilai kemajaun pencapaian tujuan.

Adapun penggunaan MBO secara efektif dalam tugas Public Relation dapat di pecah ke dalam tujuh tahap secara kritis:
1.Memiliki batasan dan misi kerja.
2.Menetapkan kunci areal keberhasilan (hasil) dalam jangka waktu, berupaya dan berkepribadian.
3.Identifikasi faktor-faktor menentukan tindakan pada target yang telah ditentukan.
4.Meletakkan target/menetapkan hasil yang akan dicapai.
5.Persiapan perencanaan secara taktis untuk mencapai target khusus, termasuk:
6.Pemantapan keputusan dan peraturan untuk mengikutinya.
7.Pemantapan perosedur untuk menangani pekerjaan. 

Nah teman-teman, setelah kita melihat uraian mengenai Penetapan Target dan Strategi PR dapat disimpulkan bahwa strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu dan empat alasan yang paling penting bagi perlunya suatu perancanaan Public Relationter. Disini juga terdapat sembilan strategi yang dikatakan oleh para ahli yang masing-masing strategi memilik cara tersendiri, dan mengenai penentuan target PR ini sangat berkaitan dengan manajemen agar membantu kualitas nilai public relations dalam suatu organisasi menjadi sangat tepat 



Terima Kasih Telah Membaca  😊😊 

1 komentar: