Hello teman-teman, ketemu lagi ni 😊
Ini artikel kelima yang aku tulis, semoga masih
menarik nih buat dibaca.
Langsung saja yuk, artikel kali ini membahas mengenai Penetapan Target dan Strategi Public Relation.
Sebelum masuk kepada strategi-strategi PR, kita pahami dulu ya mengenai pengertian strategi itu sendiri.
Langsung saja yuk, artikel kali ini membahas mengenai Penetapan Target dan Strategi Public Relation.
Sebelum masuk kepada strategi-strategi PR, kita pahami dulu ya mengenai pengertian strategi itu sendiri.
Strategi adalah
pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan,
perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Dalam
kegiatan apapun diperlukan strategi untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk
kedepannya. Begitu pula dengan public relation yang sudah pasti membutuhkan
sebuah strategi untuk melakukan sebuah komunikasi kepada masyarakat umum.
Strategi sering disebut juga rencana strategis atau rencana jangka panjang
suatu perusahaan atau organisasi. Suatu rencana ini akan menetapkan garis besar
tindakan strategis yang akan di ambil dalam kurun waktu tertentu kedepan.
Nah strategi ini berkaitan
dengan perencanaan PR, oleh karena itu disini akan memaparkan beberapa alasan
penting perlunya perencanaan PR:
1.Untuk menetapkan target-target operasi PR yang nantinya akan menjadi tolok ukur atas segenap hasil yang diperoleh.
2.Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan.
3.Untuk menyusun skala prioritas guna menentukan jumlah program dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program PR yang telah diprioritaskan itu.
4.Untuk menentukan kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan ketersediaan staf pendukung atau personil yang mencukupi, dukungan dari berbagai peralatan fisik seperti alat-alat kaantor, mesin cetak, kamera, kendaraan, dan sebagainya, serta anggaran dana yang tersedia.
1.Untuk menetapkan target-target operasi PR yang nantinya akan menjadi tolok ukur atas segenap hasil yang diperoleh.
2.Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan.
3.Untuk menyusun skala prioritas guna menentukan jumlah program dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program PR yang telah diprioritaskan itu.
4.Untuk menentukan kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan ketersediaan staf pendukung atau personil yang mencukupi, dukungan dari berbagai peralatan fisik seperti alat-alat kaantor, mesin cetak, kamera, kendaraan, dan sebagainya, serta anggaran dana yang tersedia.
Adapun
strategi dari public relations menurut Pearce dan Robinson dalam Soleh Semirat
dan Elvinaro Ardianto (2002: 9) adalah sebagai berikut:
Pertama, menentukan
misi perusahaan. Termasuk di dalamnya adalah pernyataan yang umum mengenai
maksud, filosofi dan sasaran.
Kedua, mengembangakan company profile yang mencerminkan kondisi intern perusahaan dan kemampuan yang dimilikinya.
Ketiga, penilaian terhadap lingkungan ekstern perusahaan/organisasi, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum.
Keempat, analisis terhadap peluang yang tersedia dari lingkungan.
Kelima, identifikasi atas pilihan yang dikehendaki yang tidak dapat digenapi untuk memenuhi tuntunan misi perusahaan.
Keenam, pemilihan strategis atas objective jangka panjang dan garis besar strategi yang dibutuhkan untuk mencapai objective tersebut.
Ketujuh, mengembangkan objective tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dan objective jangka panjang dan garis besar strategi.
Kedelapan, implementasi atas hasil hal-hal diatas dnegan menggunakan sumber tertentu yang tercantum dalam budget dan mengawinkan sumber daya manusia, sturktur, teknologi dan sistem balas jasa yang memungkinkan
Kedua, mengembangakan company profile yang mencerminkan kondisi intern perusahaan dan kemampuan yang dimilikinya.
Ketiga, penilaian terhadap lingkungan ekstern perusahaan/organisasi, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum.
Keempat, analisis terhadap peluang yang tersedia dari lingkungan.
Kelima, identifikasi atas pilihan yang dikehendaki yang tidak dapat digenapi untuk memenuhi tuntunan misi perusahaan.
Keenam, pemilihan strategis atas objective jangka panjang dan garis besar strategi yang dibutuhkan untuk mencapai objective tersebut.
Ketujuh, mengembangkan objective tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dan objective jangka panjang dan garis besar strategi.
Kedelapan, implementasi atas hasil hal-hal diatas dnegan menggunakan sumber tertentu yang tercantum dalam budget dan mengawinkan sumber daya manusia, sturktur, teknologi dan sistem balas jasa yang memungkinkan
Kemudian mengenai penentuan target PR
Public
Relations itu sendiri profesional dalam pengelolaan sasaran/target yang hendak
dicapainya melakukan pengadopsian teknik-teknik Management of Objective (MBO)
dan Management by Objective of Result (MOR) untuk membantu kualitas nilai
public relations dalam suatu organisasi. MBO dapat memberikan profesional
Public Relations dengan sumber umpan yang sangat kuat. MBO dan MOR berhubungan
dengan hasil-hasil Public Relation untuk penentuan target awal manajemen.
Adapun poin-poin dalam MBO menurut Sholeh Soemirat dan Elvinaro Ardianto (2003:
98) adalah sebagai berikut:
1.Spesifikasi
tujuan-tujuan organisasi
2.Konferensi
antara superior dan subordinate (bawahan) untuk menyepakati terhadap pencapaian
tujuan.
3.Kesepakatan
anatara atasan dan bawahan pada target yang konsistem dnegan tujuan-tujuan
organisasi.
4.Pengkajian
secara periodik oleh atasan dan bawahan untuk menilai kemajaun pencapaian
tujuan.
Adapun
penggunaan MBO secara efektif dalam tugas Public Relation dapat di pecah ke
dalam tujuh tahap secara kritis:
1.Memiliki
batasan dan misi kerja.
2.Menetapkan
kunci areal keberhasilan (hasil) dalam jangka waktu, berupaya dan
berkepribadian.
3.Identifikasi
faktor-faktor menentukan tindakan pada target yang telah ditentukan.
4.Meletakkan
target/menetapkan hasil yang akan dicapai.
5.Persiapan
perencanaan secara taktis untuk mencapai target khusus, termasuk:
6.Pemantapan
keputusan dan peraturan untuk mengikutinya.
7.Pemantapan
perosedur untuk menangani pekerjaan.
Nah teman-teman,
setelah kita melihat uraian mengenai Penetapan Target dan Strategi PR dapat
disimpulkan bahwa strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan
dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam
kurun waktu tertentu dan empat alasan yang paling penting bagi perlunya suatu
perancanaan Public Relationter. Disini juga terdapat sembilan strategi yang
dikatakan oleh para ahli yang masing-masing strategi memilik cara tersendiri,
dan mengenai penentuan target PR ini sangat berkaitan dengan manajemen agar
membantu kualitas nilai public relations dalam suatu organisasi menjadi sangat
tepat
Terima Kasih Telah Membaca 😊😊
lengkapi daftar referensinya..!
BalasHapus