Hallo, ketemu lagi ni 😊
Ini blog kesekian kalinya yang aku tulis masih pada ingat kan blog-blog sebelumnya 😊
Nah, kali ini akan dibahas mengenai Profil, Macam-macam serta Pola komunikasi didalam Public Relations. Langsung saja yuk !!
Ini blog kesekian kalinya yang aku tulis masih pada ingat kan blog-blog sebelumnya 😊
Nah, kali ini akan dibahas mengenai Profil, Macam-macam serta Pola komunikasi didalam Public Relations. Langsung saja yuk !!
Baiklah yang pertama ini mengenai
Profil Public Relations, ada beberapa mengenai profil Pr yaitu sebagai berikut:
1. PR yang Melembaga/In House PR, sebagai bidang yang melembaga berate memiki seorang yang memimpin, memilih staf, dan memilik ruang/tempat dan sarana/prasarana pendukungnya. Jabatan-jabatan yang ada didalam bagian PR memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas.
1. PR yang Melembaga/In House PR, sebagai bidang yang melembaga berate memiki seorang yang memimpin, memilih staf, dan memilik ruang/tempat dan sarana/prasarana pendukungnya. Jabatan-jabatan yang ada didalam bagian PR memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas.
2. PR Agency/Ekstern PR, ini adalah
sebuah Lembaga/perusahaan independen yang berbadan hukum dan bergerak dalam
layanan dibidang PR. PR Ekstern ini meliputi:
- PR Full Service, sebuah perusahaan tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan konseling dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan yang mereka berikan kepada klien (perseorangan/perusahaan PR tersebut).
- PR Consultant, yaitu perusahaan PR yang bergerak dalam layanan konsultasi kehumasan. Pelayanan konsultan yang diberikan tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.
- PR Full Service, sebuah perusahaan tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan konseling dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan yang mereka berikan kepada klien (perseorangan/perusahaan PR tersebut).
- PR Consultant, yaitu perusahaan PR yang bergerak dalam layanan konsultasi kehumasan. Pelayanan konsultan yang diberikan tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.
3. Event Organizer, perusahaan yang
melayani jasa sebagai pelaksana sebuah event/kegiatan yang berhubungan dengan
public. Perusahaan ini cenderung spesialis, misalnya:
- Launching Product
- Pameran/Exhibition
- Jumpa Pers/press Conference, Press Tour dan sebagainya.
- Show dan Kontes-kontes.
- Launching Product
- Pameran/Exhibition
- Jumpa Pers/press Conference, Press Tour dan sebagainya.
- Show dan Kontes-kontes.
Disini juga terdapat macam-macam
Public Relations :
1.Pemerintah, yaitu Lembaga PR yang
melakukan fungsi management dalam bidang informasi dan komunikasi untuk
menciptakan hubungan yang harmonis dengan public melalui berbagai sarana
kehumasan dalam rangka menciptakan citra yang positif instansi pemerintahan.
2.Sosial, misi utama PR social ini ialah mengembangkan saling pengertian, kepercayaan, dan bantuan atas kerja sama.
3.Industri dan Bisnis, didalam PR industry dan bisnis ini hubungannya adala dengan pelanggan dan perannya terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR.
4.Profesi, maksud penerapannya adalah untuk mendapatkan pengakuan dan keprofesionalan serta publikasi tentang apa yang telah mereka lakukan bagiu kepentingan umum.
5.Organisasi sukarela, disini peranannya adalah untuk merancang suatu program progresif, termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers.
6.Organisasi Internasional, organisasi ini disebabkan oleh adanyan perubahan sangat cepat didalam segala bidang.
7.Penegak Hukum, banyak golongan penegak hukum merasa perlu untuk membentuk grup-grup penasihat warga negara dan merangkap sebagai pejabat PR untuk bekerjasama dengan mereka dan para media masa.
2.Sosial, misi utama PR social ini ialah mengembangkan saling pengertian, kepercayaan, dan bantuan atas kerja sama.
3.Industri dan Bisnis, didalam PR industry dan bisnis ini hubungannya adala dengan pelanggan dan perannya terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR.
4.Profesi, maksud penerapannya adalah untuk mendapatkan pengakuan dan keprofesionalan serta publikasi tentang apa yang telah mereka lakukan bagiu kepentingan umum.
5.Organisasi sukarela, disini peranannya adalah untuk merancang suatu program progresif, termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers.
6.Organisasi Internasional, organisasi ini disebabkan oleh adanyan perubahan sangat cepat didalam segala bidang.
7.Penegak Hukum, banyak golongan penegak hukum merasa perlu untuk membentuk grup-grup penasihat warga negara dan merangkap sebagai pejabat PR untuk bekerjasama dengan mereka dan para media masa.
Dan yang terakhir mengenai Pola
Komunikasi Public Relations
Pola komunikasi PR dalam suatu organisasi pada prinsipnya yaitu, setiap bagian harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuannya. Setiap bentuk organisasi, pendekatan dalam melakukan kegiatan komunikasi yang dipakai antara satu organisasi dengan organisasi lain tidaklah sama, masing-masing mempunyai karakter dan variasi yang berbeda.
Pola komunikasi PR dalam suatu organisasi pada prinsipnya yaitu, setiap bagian harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuannya. Setiap bentuk organisasi, pendekatan dalam melakukan kegiatan komunikasi yang dipakai antara satu organisasi dengan organisasi lain tidaklah sama, masing-masing mempunyai karakter dan variasi yang berbeda.
Setiap karakter organisasi, misalnya
dalam bentuk perusahaan sangatlah bergantung pada skala besar kecilnya
perusahaan tersebut, jika perusahaan hanya memiliki beberapa karyawan makka
penyampaian informasi dapat dilakukan secara langsung kepada karyawan tersebut.
Lain halnya dengan perusahaan besar yang memiliki ratusan bahkan ribuan
karyawan maka penyampaian informasi kepada mereka merupakan suatu pekerjaan
yang mungkin sangat kompleks dan memerlukan kemampuan sumber daya manusia untuk
dapat membuat konsep dalam menentuka jaringan komunikasi yang efektif dan
efisien dilingkungan perusahaan. Komunikasi yang efektif dapat terjadi apabila
public relations sebagai komunikator melakukan pemeriksaan atau menganalisis
kondisi komponen dalam proses komunikasi (Kriyantono, 2012:30).
Dari pemaparan diatas dapat
disimpulkan bahwa didalam Public Relations juga terdapat beberapa aspek yang
berupa profil, macam-macamnya serta pola didalam komunikasi Public Relations
itu sendiri. Didalam pola komunikasi PR itu juga telah dituliskan bawasannya PR
itu harus melakukan komunikasi kepada berbagai pihak untuk mencapai tujuannya.
Referensi : Kusumastuti Frida. Dasar-dasar
Hubungan Masyarakat. (Jakarta Selatan, Ghalia Indonesia : 2002).
Semoga Bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar