Jumat, 15 Desember 2017

PROFIL, MACAM-MACAM DAN POLA KOMUNIKASI PR



Hallo, ketemu lagi ni 😊
Ini blog  kesekian kalinya yang aku tulis masih pada ingat kan blog-blog sebelumnya
😊
Nah, kali ini akan dibahas mengenai Profil, Macam-macam serta Pola komunikasi didalam Public Relations. Langsung saja yuk !! 

Baiklah yang pertama ini mengenai Profil Public Relations, ada beberapa mengenai profil Pr yaitu sebagai berikut:
1. PR yang Melembaga/In House PR, sebagai bidang yang melembaga berate memiki seorang yang memimpin, memilih staf, dan memilik ruang/tempat dan sarana/prasarana pendukungnya. Jabatan-jabatan yang ada didalam bagian PR memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas.
2. PR Agency/Ekstern PR, ini adalah sebuah Lembaga/perusahaan independen yang berbadan hukum dan bergerak dalam layanan dibidang PR. PR Ekstern ini meliputi:
 - PR Full Service, sebuah perusahaan tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan konseling  dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan yang mereka berikan kepada klien (perseorangan/perusahaan PR tersebut).
- PR Consultant, yaitu perusahaan PR yang bergerak dalam layanan konsultasi kehumasan. Pelayanan konsultan yang diberikan tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.
3. Event Organizer, perusahaan yang melayani jasa sebagai pelaksana sebuah event/kegiatan yang berhubungan dengan public. Perusahaan ini cenderung spesialis, misalnya:
- Launching Product
- Pameran/Exhibition
- Jumpa Pers/press Conference, Press Tour dan sebagainya.
- Show dan Kontes-kontes.

Disini juga terdapat macam-macam Public Relations :
1.Pemerintah, yaitu Lembaga PR yang melakukan fungsi management dalam bidang informasi dan komunikasi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan public melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra yang positif instansi pemerintahan.
2.Sosial, misi utama PR social ini ialah mengembangkan saling pengertian, kepercayaan, dan bantuan atas kerja sama.
3.Industri dan Bisnis, didalam PR industry dan bisnis ini hubungannya adala dengan pelanggan dan perannya terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR.
4.Profesi, maksud penerapannya adalah untuk mendapatkan pengakuan dan keprofesionalan serta publikasi tentang apa yang telah mereka lakukan bagiu kepentingan umum.
5.Organisasi sukarela, disini peranannya adalah untuk merancang suatu program progresif, termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers.
6.Organisasi Internasional, organisasi ini disebabkan oleh adanyan perubahan sangat cepat didalam segala bidang.
7.Penegak Hukum, banyak golongan penegak hukum merasa perlu untuk membentuk grup-grup penasihat warga negara dan merangkap sebagai pejabat PR untuk bekerjasama dengan mereka dan para media masa.

Dan yang terakhir mengenai Pola Komunikasi Public Relations
Pola komunikasi PR dalam suatu organisasi pada prinsipnya yaitu, setiap bagian harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuannya. Setiap bentuk organisasi, pendekatan dalam melakukan kegiatan komunikasi yang dipakai antara satu organisasi dengan organisasi lain tidaklah sama, masing-masing mempunyai karakter dan variasi yang berbeda.
Setiap karakter organisasi, misalnya dalam bentuk perusahaan sangatlah bergantung pada skala besar kecilnya perusahaan tersebut, jika perusahaan hanya memiliki beberapa karyawan makka penyampaian informasi dapat dilakukan secara langsung kepada karyawan tersebut. Lain halnya dengan perusahaan besar yang memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan maka penyampaian informasi kepada mereka merupakan suatu pekerjaan yang mungkin sangat kompleks dan memerlukan kemampuan sumber daya manusia untuk dapat membuat konsep dalam menentuka jaringan komunikasi yang efektif dan efisien dilingkungan perusahaan. Komunikasi yang efektif dapat terjadi apabila public relations sebagai komunikator melakukan pemeriksaan atau menganalisis kondisi komponen dalam proses komunikasi (Kriyantono, 2012:30).

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa didalam Public Relations juga terdapat beberapa aspek yang berupa profil, macam-macamnya serta pola didalam komunikasi Public Relations itu sendiri. Didalam pola komunikasi PR itu juga telah dituliskan bawasannya PR itu harus melakukan komunikasi kepada berbagai pihak untuk mencapai tujuannya.

Referensi : Kusumastuti Frida. Dasar-dasar Hubungan Masyarakat. (Jakarta Selatan, Ghalia Indonesia : 2002).

 Semoga Bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar